Senin, 02 Februari 2015

Contoh Riset Pemasaran pada Perusahaan

Berikut salah satu contoh kasus pemasaran yang sukses:


PT Indofood

Salah satu perusahaan yang sangat terkenal di Indonesia adalah Indofood Sukses Makmur, atau yang lebih dikenal dengan nama Indofood. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 oleh alm. Sudono Salim dengan nama awal Panganjaya Intikusuma. Pada tahun 1994 perusahaan berganti nama menjadi Indofood dan pada saat bersamaan Hendy Gunawan, direktur pemasaran pada saat itu melakukan peninjauan strategi pemasaran serta performa perusahaan, salah satu yang dievaluasi adalah produk mie instant.

gedung perusahaan

Sangat penting bagi Indofood untuk mempertahankan kondisi market leader saat itu. Posisi itu dapat dicapai dengan melancarkan penetrasi produk yang kuat dan didukung oleh kontrol distribusi serta produksi yang ketat. Harga menjadi faktor penting karena banyak produknya adalah kebutuhan pangan sehari-hari sehingga konsumen cukup sensitif dengan harga.

Usaha pemasaran Indofood dilakukan melalui iklan di banyak media massa dan sponsorship pada banyak event . Indofood juga pada saat itu mengembangkan tim riset dengan mempekerjakan sebanyak 60 orang untuk membantu perusahaan merespon secara efektif pergerakan tren, preferensi, dan ekspektasi pasar. Indofood juga memiliki departemen desain kemasan sendiri.

Pada tahun 1994, Indofood berhasil menjadi produsen mie instant terbesar di dunia dengan pangsa pasar sebesar 90% di Indonesia. Sampai saat ini Indofood adalah salah satu perusahaan yang produknya dikenal masyarakat Indonesia dan berhasil menguasai pasar ekspordengan sejumlah produknya.


 pendistribusian produk

 PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) 



Komentar:
Dari Kasus di atas, kami menyimpulkan bahwa pemasaran harus dilakukan secara efektif. Tidak hanya mempromosikan produk kita dengan sesuka hati, tetapi juga harus berdasarkan tujuan serta tau akan target dan strateginya. Membaca situasi pasar juga sangat dibutuhkan, agar produk kita distribusikan bisa masuk ke pasar yang sesuai dan tepat.
Adanya riset sebelum melakukan pemasaran juga sangat berguna bagi perusahaan, agar STP (Segementing, Targeting, dan Positioning) dapat tercapai.
Satu lagi yang harus di perhatikan adalah sebuah perusahaan harus dapat membaca keinginan konsumennya. Agar produk dapat di terima dalam pasar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar